PLTN dan Geothermal itu PLTU juga koq

Sekedar menulis agar blog tidak terkesan ga pernah diupdate,

PLTN dan Geothermal itu PLTU juga koq, lah koq begitu?

PLTU kan type salah satu pembangkit listrik, seperti juga PLTN dan Geothermal, tapi koq bilang termasuk PLTU??

Kalau mengacu ke PLTU adalah Pembangkit Listrik Tenaga Uap, maka PLTN dan Geothermal juga sama, sama-sama menggunakan uap untuk memutar Turbin-Generator.

Bedanya simple saja, PLTU itu menghasilkan uap melalui proses pembakaran batubara atau minyak di Boiler, jadi bahan bakarnya Batu bara atau Minyak, sedangkan PLTN menghasilkan uap dengan memanfaatkan panas yang dilepas dari bahan bakar Nuklir tersebut.

Kalau Geothermal, menggunakan uap yang dihasilkan oleh energi panas bumi kita, tinggal di ambil dan putar turbinnya.

Jadi mungkin yang lebih tepat, PLTU itu adalah kata umum dari PLTN, Geothermal, dan Pembangkit Listrik Tenaga Batubara atau Minyak, hehehe.

Kalau begitu semuanya dong disebut PLTU saja. Ya ga bisa juga, kan ada PLTA yang pakai air, hehehe.

5 Tanggapan to “PLTN dan Geothermal itu PLTU juga koq”

  1. Jadi intinya sebenarnya bagaimana bisa menghasilkan uap untuk memutar turbin ya pak? Apakh jenis turbinnya sama saja pak? he..he..baru belajar🙂

  2. maaf sebelumnya,.,., ingin mencoba berbagi pengetahuan.

    klo dibilang pltn dan geothermal itu sama dengan pltu,.,. saya kurang setuju……

    secara prinsip memang semuanya menghasilkan uap untuk mengerakan turbin,,, tetapi secara tekhnis tentu sangat berbeda prinsip,.,.,

    sumber energi dari tiap pembangkit merupakan faktor utamanya seperti yg telah dijelaskan…. selain itu bagaimana memproduksi uap tsb yg jelasmembedakan…. untuk pltu uap yg didapatkan dari pemanasan air oleh bantuan energy fosil spt minyak dan batubara di dalam boiler,,, dan akan menghasilkan uap yg nanti dimanfaatkn sebagai penggerak turbin,,,

    bedanya dengan geothermal tidak harus memanaskan air pd boiler untuk mendapatkan uap/steam,.,., tetapi alam yg sudah menyediakannya,,
    ketika melakukan pemboran untuk geothermal,,, maka akan dihasilkan langsung uapnya,.,. tetapi uap tersebut terlebih dulu melalui pemrosesan agar uap tsb dapat memutar turbin secara efisien,.,,. misalnya harus masuk ke scrubber,,.

  3. ya.. letak perbedaannya pada pemrosesan menghasilkan uap, kalau PLTU ada boiler penghasil Uap, prosessnya…, terlebih dahulu airnya harus sudah di Demin kan, di rebus diboiler dg pelumas Solar dan bahan bakar Batubara dan Gas, setelah menghasilkan uap kering di superheater (uap yg tidak ada titik airnya) barulah di gunakan untuk pemutar turbine. kalau Geothermal…, yaaa… uap nya di ambil dari alam (dihasilkan oleh energi panas bumi) dan uap tersebut tidak langsung di gunakan untuk pemutar turbine, itu harus ada pemrosesan pengeringan uap dari titik2 air yg terkandung dalam uap tersebut (masih uap jenuh) dan harus di proses di scrubber. setelah uap itu kering barulah bisa di gunakan untuk pemutar turbine.

  4. kalau jenis turbinya tidak berpengaruh dg PLTU ataupun Geotherma. boleh sama! itu tergantung desainnya masing2

  5. yg di maksud dari Mas Yusranil, kenapa di bilang PLTU saja, kerna penggerak turbine itu sama2 menggunakan uap, baik itu PLTU ataupun Geotherma. kalau PLTA tentulah menggunakan air dan PLTN menggunakan energi Nuklir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: