Beberapa Equipment Coal Fired Steam Power Plant

(“Aku tidak banyak tahu, tapi sedikit yang aku tahu semoga bisa membawa manfaat, semoga anda yang tahu aku tidak banyak tahu, bisa membuatku bertambah tahu, mohon kritik dan sarannya”)

Aux boiler

Auxiliary Boiler

Auxiliary Boiler biasanya digunakan saat Power Plant Start up.  Auxiliary Boiler ini berperan sebagai penyedia uap untuk: start up heating dan pressure pegging pada low load di deaerator, desalination plant, oil burner atomizing serta purging, dan beberapa peralatan yang membutuhkan steam untuk pengoperasiannya.

Sebuah auxiliary Boiler, biasanya memiliki kapasitas sekitar 10 – 15 Ton/hr.

MSF Desalination system

Water Plant System

Dalam sebuah Steam Power Plant, Water Plant sangatlah vital untuk menyediakan fresh water. Fresh water ini digunakan untuk Boiler make up water, Cooling system, Plant utility (waste water treatment, regeneration, etc) dan beberapa penggunaan secara intermittent.

Biasanya dalam sebuah Steam Power Plant, raw waternya menggunakan seawater. Seawater, selain berfungsi sebagai raw water pada Water Plant, juga digunakan sebagai cooling water pada Condenser.

Seawater diolah menjadi fresh water melalui sebuah Desalination Plant. Secara umum, Desalination Plant ini ada beberapa jenis berdasarkan metode pemurniannya, ada yang type Destillation dan ada juga type membrane.

Desalination Plant dengan sistem destilasi, terbagi lagi menjadi type MSF (Multi Stage Flash) dan TVC (Thermal Vapour Compression). Dan untuk start up, steam biasanya disuplay dari Auxiliary Boiler, sedangkan kalau sudah operasi, steam disuplay dari Auxiliary Steam Header.

Sedangkan jenis membrane dikenal dengan istilah RO (Reverse Osmosis).

Coal Stacker

Coal Handling System

Coal sebagai bahan bakar pada Steam Power Plant, biasanya disupplay dari tambang menggunakan Barge (untuk Power Plant yang terletak di pinggir pantai, dan tidak memungkinkan melalui darat).

Untuk proses Unloading di Jetty Power Plant, Jetty biasanya dilengkapi dengan Ship Unloader. Dari Ship Unloader, coal ditransfer ke area Power Plant menggunakan coal conveyor dan distack menggunakan Stacker Reclaimer di Coal Yard.

29 Tanggapan to “Beberapa Equipment Coal Fired Steam Power Plant”

  1. Pembangkit listrik dalam bentuk apapun saat ini sangat diperlukan oleh masyarakat di ntb buktinya sekarang ini masih sering terjadi pemadaman listrik karena kekurangan daya mampu pembangkit listrik oleh karenanya perlu Team khusus tangguh dan kompak dalam musyawarah , menyelesaikan hal hal yang perlu dan berkaitan dengan rencana pembangunan semoga apa yang sudah direncanakan oleh para ahli litrik dapat dilaksanakan dalam waktu yang tidak terlalu lama, kuncinya rencanakan yang akan dikerjakan dan kerjakan apa yang sudah direncanakan.

  2. aldomonterie Says:

    Dear Mr. Yusril,

    My name is Aldo Monterie, and currently i work for Bo-le associates, a head hunter company.
    I have a job opportunity that i would like to share with you, if you are open to be explore, please let me know how can i contact you any further.
    This is my email address aldo.monterie@bo-le.com and i would appreciate if you can give me your number.

    Best Regards,

    Aldo Monterie

  3. heri sujatmiko Says:

    Dear Mr. Yusril

    Saya ingin informasi ttg pembagian equipment number pada Coal Fired Steam Power Plan.

    Thaks

    #####
    Wah, saya bukan ahli Power Plant Pak Jatmiko, saya hanya sekedar membuat catatan pribadi saja, namun memang pernah saya mempelajari mengenai Power Plant Identification System tersebut atau kadang disebut KKS (kalo ga salah Kraftwerk Kennzeichen System, kalo ga salah), apakah ini yang Bapak maksudkan?

  4. Dino Muakhir Says:

    membangun sebuah power plant membutuhkan lahan yang sangat luas. Bagi sebahagian orang hanya inginkan listrik namun tidak inginkan pembangunan pembangkitnya berada di daerah tsb, karena bising atau alasan lain yang tidak masuk akal lainnya. Perlu kita lihat kira-kira 85 % usaha di indonesia tergantung dengan listrik, sekali pemadaman berakibat buruk bagi usaha tsb. Tidak bijak bila kita hanya menyalahkan sebuah instansi negara yg mengurus bagian ini, tapi bekerjasama untuk mensukseskan (tanpa ada lagi korupsi). terangnya negeri ini adalah usaha kita bersama dari hal terkecil, yakni dengan menerangkan hati terlebih dahulu.

  5. Ulasan diatas sedikit menyinggung mengenai Reverse Osmosis dan Membrannya. Jika ingin sedikit tambahan silahkan lihat di :

    http://www.airminumisiulang.com/product/80/50/reverse-osmosis

    Thank You

  6. saya adalah teknisi listrik
    lulusan stm listrik. pernah belajar sistem pembangkit
    alhamdulillah saya bisa baca artikel bapak,ternyata sistim pltu tidak sesederhana yang pernah saya ketahui waktu sekolah.sepertinya semua komponen utama pltu masih produk inpor ya pak. klu tidak keberatan saya ingin tahu layout pltu yang bapak ketahui lengakap untuk pengetahuan ade ade kita.terima kasih

  7. Rekan Dimyani,
    Saya sebenarnya punya banyak koleksi diagram berbagai PLTU. Namun blog ini tidak memperkenankan attachment/lampiran. Karena itu memang agak sulit untuk menampikan-nya di blog ini. Bila anda berminat, saya bisa mengirimkannya via e-mail ke e-mail adress anda asalkan anda memberitahu saya e-mail adress anda.
    Salam,
    Babud

  8. Pak Babud,
    Saya, sama halnya dengan dimyani,
    Sekiranya bapak dapat membantu mengirimkannya ke alamat email saya: rick_sanctified@yahoo.com.

    Terimakasih banyak pak.
    Salam

    Erick

  9. Dear pak Erick,
    Dua diagram sudah saya kirim ke e-mail address anda. Semoga bisa diterima dengan baik dan berguna. Keduanya adalah PLTU yang kebetulan pernah saya kunjungi belasan tahun silam. Tanpa bermaksud meninggikan hati, kebetulan salah satu diagram yang saya kirim (diagram yang kedua) adalah merupakan diagram salah satu PLTU terbesar di Eropa.

    Semoga bermanfaat dan dapat membantu.

    Salam,
    Babud

  10. Dear p Babud,
    Salah satu client saya akan membuat PLTU 2 x 165 MW. Saya ingin diskusi intens dengan anda mengenai hal ini. Bisakah anda memberikan equipment list untuk PLTU tsb diatas termasuk tech. spec. beserta kapasitasnya.
    Selanjutnya untuk detail kita bisa berhub. lwt email : gitotjitro@yahoo.co.id
    Salam.

  11. Dear Pak Babud,
    Kalau boleh saya dikirimin diagramnya juga, kbtln kami sdg mengerjakan PLTU di Kupang.
    alamat email saya : muchlis@hotmail.com
    Tks sblmnya

  12. Mohon masukan system awal process pembangkit panas bumi sebelum energi tersebut memutar turbine,membaca ulasan yang ada perbedaan ada pada pre amp.nya terima kasih.
    Salam.
    Bravo Oscar

  13. Syuhainil Says:

    dh,
    Sangat menarik sekali pembahasan tentang PLTU, saya ingin sekali belajar tentang kommissioning terutama tentang proeses flushing steam atau steam blow out, mkn bapak/ibu bisa bantu memberikan informasi?
    tks

    • Rekan rekan sekalian,
      Mohon maaf sebelumnya. Karena kesibukan, saya tidak punya banyak waktu untuk membuka e-mail yang berkaitan dengan situs ini.

      Untuk masalah steam blow out, ini ditujukan untuk membersihkan saluran pipa uap, mulai dari boiler sampai upstream turbine stop valve.

      Objective utama untuk aktivitas ini tidak lain adalah untuk membersikan saluran uap dari kotoran sisa proses pengelasan pada pipa pipa saluran uap mulai dari boiler sampai sebelum turbine stop valves.

      Seperti diketahui bahwa ketika baru selesai eriction, maka pipa pipa boiler & main steam serta reheat steam (kalau system reheat), masih dipenuhi oleh kotoran sisa proses pengelasan. Kalau kotoran ini terbawa oleh uap hingga masuk ke turbine, maka dapat mengakibatkan sudu sudu turbin rusak.

      Untuk itu, sebelum turbine steam first admission, boiler dan pipa pia saluran uap harus dibersihkan dulu dari kotoran sisa pengelasan ini.

      Caranya adalah dengan mengoperasikan boiler untuk memprodukasi uap sampai tekanan tertentu (sesuai yang ditetapkan oleh pabrikan), untuk kemudian uap tersebut di blow out ke atmosfir. Dengan cara ini, diharapkan kotoran sisa pengelasan akan terhembus keluar sehingga boiler & pipa saluran uap menjadi bersih.

      Untuk mengetahui apakah boiler & pipa saluran uapsudah bersih atau belum, biasanya di saluran uap yang menuju atmosfir dipasangi “Test Piece” berupa logam lunak (umumnya bronz atau kuningan). Saat blow out valve dibuka, uap yang mengalir ke atmosfir akan membentur test piece ini. Saat boiler & saluran uapmasih kotor, maka akan kita dapati banyak “pitting” pada test piece akibat dari benturan yang terjadi antara kotoran dengan test piece. Setiap kali habis dipakai,test piece ini diganti baru. Blow out baru dinyatakan cukup bila boiler & saluran uap sudah dinyatakan bersih, yang ditandai dengan sedikitnya pitting pada test piece.

      Durasi blow out sangat tergantung pada kualitas pengerjaan (pengelasan) pada boiler. Umumnya berkisar antara 1 s.d 2 minggu.

      Demikian, semoga membantu.

      Salam,
      Babud

      PS
      Untuk pertanyyan yang sudah terlalu lama, saya mohon izin untuk tidak merespon karena mungkin sudah kadaluarsa.

  14. Salam kenal, sy dahlia dan br msk diforum ini, sy bekerja dimarine & industrial switchboard manufacturing. ada yg punya cnth diagram listrik beserta gambar panel atau foto2 panel switchboard utk power plant, baik itu PLTU, PLTD, dls. Sy tdk bgt tau dgn model dan rulenya,jika untuk marine insyaallah sdkt tau, krn yg maha Tau tu cm Allah. So, jk tmn2 tdk kbrtn tlng dong dibagi ke email sy di lik_hugik2000@yahoo.com, terima ksh

  15. Dear mr muchlis,

    Bapak butuh diagram apa ? nanti akan saya kirimkan.

    Salam,

    riandy

  16. Dear mr. sargito,

    apa bapak masih membutuhkan diskusi dengan saya dan saya siap membantu bapak semampu saya.

    salam,

    riandy

  17. Dear mr. syuhainil,

    saya mempunyai contoh procedure steam blow, apa bapak berminat ?
    Bila berminat email ke saya : riandy.2010@gmail.com

    Salam,

    riandy

  18. Yth. Babud
    Dapatkah bpk kirimkan via E-mail perhitungan kapasita boiler yang dibutuhkan untuk setiap MW produksi pembangkit dari batubara?
    atas bantuannya terima kasih

    salam
    Steve

  19. Yth. Babud
    Dapatkah bpk kirimkan via E-mail perhitungan kapasita boiler yang dibutuhkan untuk setiap MW produksi pembangkit dari batubara?
    atas bantuannya terima kasih, e-mailku steve_ppkaj@yahoo.com

    salam
    Steve

  20. dh,
    sa

  21. dh,
    sangat menarik sekali tentang pltu ini, mohon penjelasan apkah funsinhya desuperheating pada proses steam turbine

  22. apakah fungsi desuperheating dalm steam turbin dan condenser
    tlng informasinya di kirim ke email sy….

    thank’s untuk infonyalm

    slm

    yandra

    s

  23. petigopebejebe Says:

    tk banyak boleh bergabung dgn rekan2 yg baik hati dan mau bertukar informasi. klu boiler yg bhn bakarnya bt bara bt bara yg sdh rada halus di tuang ke hopper dan dr hopper turun ke dapur /diatas coneyor dngan ketebalan tertentu dan merat diata conveyornya ( anatara 15 – 20 cm?) kemudian dibakar. angin datang dari bawah batu bara/ conveyornya dan ada dua blower yi isap dan tekan. rpm blower isap dan tekan diatur agar pembakarannya baik / normal. yang menjadi pertanyaan ialah berapa temperatur yg normal di boiler ini ( tekakan kerja 16 bar, capasitasnya 20 t/j) pengalaman saya shaft conveyor di ruang dapur sering bengkok dan harus diganti dengan yg baru. kalau diperbaiki dgn meluruskan saja tdk tahan lama. mohon bantuan rekan2 diamana dapat beli bahan as conveyor tahan panas s/d 1000 oC? atau ada obat/additiv untuk itu? terima kasih. onma bana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: