Belajar kembali

Belajar untuk masa depan

18 Tanggapan to “Belajar kembali”

  1. Irfan Anshori Says:

    salam kenal pak Yusranil…
    saya irfan mahasiswa teknik mesin UGM, saya tertarik sekali dengan perjalanan bapak ke Power Plant Tarahan…bagi saya ini adalah sesuatu pengalaman yang hebat, dimana kemampuan engineering seseorang bisa teruji
    o ya kebetulan tugas akhir saya mengenai Ash Handling System pada power plant, jadi ini sangat menarik bagi saya
    o ya, kalau bapak tidak keberatan bisa tidak memberikan informasi atau data2 tentang Ash Handling ini?ini sangat membantu saya…
    terima kasih.

  2. Irfan Anshori Says:

    salam kenal pak Yusranil…
    saya irfan mahasiswa teknik mesin UGM, saya tertarik sekali dengan perjalanan bapak ke Power Plant Tarahan…bagi saya ini adalah sesuatu pengalaman yang hebat, dimana kemampuan engineering seseorang bisa teruji
    o ya kebetulan tugas akhir saya mengenai Ash Handling System pada power plant, jadi ini sangat menarik bagi saya
    o ya, kalau bapak tidak keberatan bisa tidak memberikan informasi atau data2 tentang Ash Handling ini?ini sangat membantu saya…
    terima kasih.

  3. Salam kenal juga mas Irfan,
    Kebetulan rekan saya sekantor sdr Ari Gutama adalah alumni UGM, silahkan menghubungi beliau lewat arigutama@yahoo.com.

  4. Salam kenal.
    Saya karyawan PT.Alstom Power ESI di- Surabaya ( yang memfabrikasi pressure part untuk boiler Tarahan ).
    Saya 46 th , saat ini dipercaya sbg Manager manufacturing engineering, saya sudah 13 tahun di- Alstom, 7 tahun sebelum-nya bekerja di- Babcock Wilcox Batam.
    Saya ingin banyak kenalan dengan orang-orang boiler di-luar Alstom , barangkali bisa saling sharing.
    Salam.

    • aris puji riyanto Says:

      salam kenal,
      saya karyawan PT. PLN (Tarahan Power Plant) saya bagian oerasi boiler CFB tarahan..
      saya ingin tanya2 kepada Pak Nasrun tentang boiler yang bapak nasrun fabrikasi, kebetulan saya yang operasikan boiler tersebut..kalo bapak Yusranil berkenan tolong saya dikirm email Pak Nasrun ke email saya pak..sekalian saya ingin menimba ilmu dari beliau..
      salam..

  5. Salam kenal juga Pak Nasrun, senang sekali menerima perkenalan dari seorang Boiler expert seperti Bapak. Semoga Bapak bisa menulari ilmunya untuk saya dan rekan2 lain yang membutuhkan.

  6. wah menarik deh ilmu tentang power plantnya.
    sedikit tanya aja.
    kalau di CFB ada fan /blower yang masuk ke dalam cyclone, fungsinya buat apa ya mas? apakah sama dengan EHE fan?

    rule of thamb dari penggunaan air pada BOP ada ga ya mas?
    terima kasih..

  7. Dendy Cahyono Says:

    salam kenal,

    Saya bekerja di perusahaan swasta dan saya tertarik ingin mengetahui lebih banyak tentang PLTU. Mohon bisa diturunkan ilmunya tentang menghitung kebutuhan water consumption suatu PLTU dengan kapasitas 2 X 100MW. Terima kasih pak dan saya tunggu konfirmasi bapak.
    Salam.

  8. salam kenal,

    Saya bekerja di perusahaan swasta dan saya tertarik ingin mengetahui lebih banyak tentang PLTU. Mohon bisa diturunkan ilmunya tentang menghitung kebutuhan water consumption suatu PLTU dengan kapasitas 2 X 100MW. Terima kasih pak dan saya tunggu konfirmasi bapak.
    Salam.

  9. walau saya sudah purna bakti tetapi masih aktif ngajar tentang boiler, pompa, dan pembangkitan tenaga listrik baik PLTU PLTG dsb…. aaaa bisa berbagi pengalaman ini mau nangani equip audit di Tambak Lorok dan Jati baru…

  10. wah.. mantap ilmu yang didapat..
    mungkin bisa sharing sedikit ilmu buat kita kita yang awam tentang PLTU..

    saya juga lagi belajar tentang PLTU
    apalagi sekarang banyak yang membangun pembangkit dengan technology tinggi. bahkan batu bara muda juga bisa digunakan..

    buat saudara infan mungkin saya bisa membantu
    terima kasih

  11. Akhmad Yudi Says:

    saya mohon infonya ya..
    apakah setiap boiler membutuhkan karakter batu bara yang berbeda? misal TM berapa, Ash berapa, VM berapa dan kalori berapa, kemudian apa beda basis analisa terhadap pembakaran, mana yang kita pakai. dan lebih spesifik lagi untuk boiler alstom 21 ton, model chaingrate water tube, batu bara jenis apa yang dipakai dengan batasan parameter berapa dalam basis adb/ar

  12. pak, sy 22 calon pgawai pln bg instrumen control di pltu tarahan…sy da tgaz tentang inovasi automatic valve pake knife gate valve dengn actuator double acting pneumatic cylinder….. buat valve drain di sealpot dengn order bilamana fa blower yg mengarah ke cyclone trip maka valve drain akan close otomatis……. ada bhan ttg hal itu gak, misal tntng merk valve.ny brap inc/ukurn topun cara yg lebih tepat….trimakasih
    klo ada mohon bantuan ke email sy key_st_holic@yahoo.co.id

  13. Rekan sekalian,
    Secara kebetulan saya menemukan blog ini. Menarik juga ternyata ada blog yang mendiskusikan mengenai PLTU. Pada kesempatan ini, perkenankan saya ingin sharing sedikit untuk menanggapi pertanyaan rekan Akhmad Yudi.

    Sejauh pengetahuan saya, setiap boiler dirancang berdasarkan kepada karakteristik bahan bakar yang akan dibakar. Karena itu, sudah tentu design boiler untuk bahan bakar minyak (fuel oil) akan sangat berbeda dengan design boiler untuk bahan bakar batubara (Coal). Bahkan, boiler untuk bahan bakar barubara pun akan sangat bervariasi mengingat bahan bakar itu terdiri dari berbagai jenis seperti Lignite, Bituminus ataupun antrachite, karena setiap jenis batubara memiliki karakteristik yang berbeda.

    Sebagai contoh, bila suatu boiler dirancang untuk batubara bituminus, maka dia akan beroperasi normal sesuai design ketika dipasok batu bara bituminus. Namun performance boiler akan mengalami perubahan manakala dia dipasok oleh batubara Sub bituminus.

    Untuk basis pembakaran, umumnya performance boiler dinyatakan dengan dry basis atau wet basis. Jadi kalau kita ingin membandingkan dua boiler secara head to head, maka performance kedua boiler harus dihitung berdasarkan basis perhitungan yang sama, misalnya sama sama dry basis.

    Demikian, semoga membantu
    Salam,
    Babud

  14. mohon infonya,,,,
    saya mahasiswa Institut Teknologi Indonesia,serpong tangreang,,,,,,,,,,
    saat ini saya lagi melakukan penelitian untuk skripsi di salah astu pabrik yg mempunyai pembangkit listrik sendiri,,,,sekarang saya lgi mencari-cari perhitungan performance boiler,,
    mohon informasinya,,,

    Awal

  15. RIZKI ARDIANSYAH Says:

    salam kenal semua’y… saya ingin mengeahui banyak pelajaran tentang PLTU. Tapi saya telah bekerja menjadi Out Sourching di PLN,, Apakah ada kaitan’y juga antara PLTU dan PLN? Saya Mendapat kepercayaan untuk memegang suatu alat yaitu Thermovisi. di dalam pengetahuan apakah di PLTU sendiri amat penting tentang Thermovisi tersebut…

  16. Mohon pencerahannya pak,….
    Saya sedang belajar mengenai PLTU dengan type boiler CFB. Saya masih bingung dengan istilah BED nya, apakah itu istilah untuk material trnasfer panas ke batubara (pasir kuarsa dll) atau semacam penggambaran teknik pambakaran dimana bahan bakar diposisikan melayang sehingga mirip BED?
    Kemudian, apakah material bed digunakan selama boiler beroperasi atau saat start up saja…terima kasih

    • yang semua bapak tanyakan dan telah bapak jawab adalah benar adanya..kemudian apakah digunakan selama unit beroperasi benar juga, bed material pada cfb boiler pada saat firing dipanaskan terlebih dahulu hingga mencapai temperatur bakar dari coal dengan menggunakan hsd, kemudian setelah coal terbakar hsd dihentikan dan heat transfer digantikan oleh bed material tsb..demikian semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

