Nahdlatul Wathan dan Masyarakat desa Rensing

Sekilas Nahdlatul Wathan

Nahdlatul Wathan (NW) merupakan sebuah organisasi masyarakat keagamaan terbesar di propinsi NTB. Organisasi ini didirikan oleh almarhum Tuan Guru Kiyai Haji M. Zainuddin Abdul Madjid di Pancor Lombok Timur. Organisasi ini bergerak di bidang Sosial, Dakwah Islamiyah dan Pendidikan.

Dalam perannya sebagai organisasi Dakwah Islamiyah, NW didukung oleh banyak kiyai yang dalam istilah masyarakat Lombok disebut Tuan Guru. Tuan Guru inilah yang secara rutin memberikan ceramah-ceramah keagamaan di Masjid-masjid, musholla, dan pondok pesantren yang lazim disebut “pengajian”.

Sementara sebagai organisasi Pendidikan, NW memiliki ratusan madrasah-madrasah (sekolah keagamaan) yang tersebar hampir di seluruh pelosok Indonesia, dengan sentra utama di Pulau Lombok. Organisasi ini juga memiliki sekolah-sekolah umum bahkan beberapa Perguruan Tinggi.

Pondok Pesantren yang cukup besar yang dikelola oleh Nahdlatul Wathan adalah Pondok Pesantren Darunnahdlatain, dan Ma’had Daarul Qur’an Wal Hadits sebagai sentra penggemblengan santri-santrinya dalam memahami Al-Qur’an dan Al-Hadits. Sementara Perguruan Tinggi yang dikelola antara lain Universitas Nahdlatul Wathan di Mataram, dan STKIP Hamzanwadi di Pancor kota Selong Lombok Timur.

Desa Rensing

Desa Rensing terletak di sebelah selatan Pancor. Dimana Pancor merupakan sentra kegiatan organisasi Nahdlatul Wathan. Desa Rensing ini terletak di Kecamatan Sakra Barat dan menjadi ibukota kecamatan tersebut, setelah mengalami pemekaran dari kecamatan Sakra.

Yang menarik, desa Rensing ini merupakan salah satu basis utama Nahdlatul Wathan. Makanya tidak heran, di desa ini terdapat sekitar 3 MI NW, 3 Madrasah Tsanawiyah NW, 2 MA NW, 1 SMU NW dan beberapa kelas jauh dari perguruan tinggi di bawah naungan Nahdlatul Wathan.

Keberadaan Nahdlatul Wathan yang diterima luas oleh masyarkat desa Rensing, tidak lepas dari karakter masyarakatnya yang Islami, bahkan seperti penuturan Prof.Dr.Mansur Ma’shum, (salah seorang tokoh asal desa Rensing yang sekarang menjadi rektor Universitas Mataram) ketika ada iring-iringan kelentang, gendang beleq (alat kesenian tradisional suku Sasak yang dipentaskan pada acara pernikahan) yang melewati Rensing, mereka sangat respect dengan kultur religius masyarakat Rensing dengan tidak membunyikan alat kesenian tersebut.

Makanya tidak mengherankan, kalau dari desa ini banyak terlahir Tuan Guru yang secara terus menerus memberikan pengajian (siraman rohani keagamaan) kepada masyarakat di sana.

Namun sayangnya, semenjak terjadinya perpecahan dalam organisasi Nahdlatul Wathan, menimbulkan dampak juga bagi kehidupan masyarakat desa Rensing. Dan lebih disayangkan lagi, banyak masyarakat Rensing yang belum siap menghadapi perbedaan-perbedaan dalam masyarakat yang semula kompak dan bersatu tersebut dalam suatu naungan organisasi Nahdlatul Wathan.

Sementara sebagian masyarakat desa Rensing yang tidak berkecimpung langsung dalam memanasnya perbedaan kedua kubu tersebut, mulai menyadari ada sesuatu yang kurang tepat dalam pendidikan masyarakat. Masyarakat umum yang sehari-harinya pergi mengaji (menuntut ilmu), ternyata belum cukup arif dalam menghadapi perbedaan-perbedaan dalam komunitasnya. Padahal perbedaan adalah suatu realitas yang mutlak.

Ditengarai, hal tersebut dikarenakan pengajian (ceramah agama) yang disampaikan Tuan Guru lebih berorientasi pada pahala dan kehidupan akhirat semata, tanpa memiliki visi misi yang jelas untuk pembangunan mental dan karakter ummat, ke arah mana masyarakat akan dibawa, sehingga bisa menjadi lebih arif dalam menghadapi perbedaan. Sayangnya, pengajian yang lebih berorientasi kepada pahala dan akhirat, sering diartikan oleh masyarakat awam, sebagai suatu hal yang memiliki kebenaran absolut, sehingga merekapun sering menafikan kebenaran-kebenaran di luar komunitas mereka. Tidak mengherankan kalau mereka berpikir cara mereka shalat, puasa dan lainnya adalah cara yang paling benar seantero dunia. Mereka kemudian menyalahkan metode orang di luar mereka tanpa pernah mau memperhatikan secara detail dan logis terhadap konsep kebenaran metode tersebut.

Penulis sendiri pernah merasakan tekanan yang cukup mendalam sewaktu  memilih SMP dan bukan Madrasah Tsanawiyah sebagai tempat sekolah ketika tamat SD dulu. Mereka menilai, dengan bersekolah di SMP kita hanya memikirkan kehidupan dunia semata dan tidak memperhatikan akhirat kita. Mereka tidak pernah berpikir, kalau masyarakat kita juga perlu untuk menguasai pengetahuan-pengetahuan umum lainnya.

Menurut pendapat saya, hal itu juga yang melatar belakangi seorang sastrawan lokal asal Rensing sendiri, Salman Alfarisi membuat sebuah novel berjudul “Tuan Guru” yang diberitakan harian lokal NTB sebagai Sastrawan menggugat Tuan Guru

Itulah sedikit gambaran kehidupan masyarakat saya di desa Rensing. Saya berharap di kemudian hari, masyarakat disana masih rajin pergi mengaji, tapi Tuan Guru juga bisa mengajarkan mereka memahami perbedaan, mengajarkan mereka bahwa kebenaran mutlak hanya milik Tuhan, dan mengajarkan mereka kearifan sebagai suatu strata terhormat dalam struktur keimanan seorang muslim.

About these ads

26 Tanggapan to “Nahdlatul Wathan dan Masyarakat desa Rensing”

  1. M ZAENAL MUHLIS ( JEN ) Berkata

    Dear Saudaraku Yus…….
    Asss.. Wr. Kt…, Salam hangat
    Saudaraku Yus sudah cukup lama saya mencari tau bagaimana bisa berkomunikasi dengan side untuk saling bertukar pikiran dan ide dalam sama-sama memikirkan dan memeberi sumbangsih perhatian kepada daerah asal kita “Rensing khususnya dan lombok umumnya” alhamdllah dipertemukannya jalannya, Saya sudah banyak membaca pemikiran side melalui tulisan diwebste dan saya mendukung ide tersebut, untuk itu saya berharap kita bisa meneruskan komunikasi kita, nanti side bisa menhubungi saya melalui e-mail saya ” Muhlis_sasak@yahoo.com atau Hp 08175493222.
    sekarang masih diJogya dan sementara masih berkarir didunia Tour & Travel, Saya juga minta no Hp/Telp side yang bisa dihubungi.

    Dari Temanmu……….Jen….jogja

  2. Selamat datang kawan
    Ahlan wa sahlan wa marhaban
    Lama juga tidak ketemu, alhamdulillah lewat dunia maya kita dipertemukan kembali.

    Salam

  3. FAHMARRAZI BATAM Berkata

    sebarluaskanlah nahdlatul wathan baik di dunia maya maupun dunia nyata.bapak maulana shaikh pernah bilang”wanshur liwaanah dathil wathani pil alamin bihakki muhammadin sallahu alai wasallam”.

  4. JASMANSYAH Berkata

    ASS. WR. WB.
    SAYA ALUMNI NW PANCOR (MA MUALLIMIN, MA’HAD DAN STKIP HAMZANWADI). SEKARANG SAYA TUGAS DINAS DI SALAH SATU SMA NEGERI DI SUKABUMI JABAR. SAYA JUGA MENGAJAR DI YAYASAN PESANTERN KH. ABDULLAH SYAFI’IE JAKARTA CAB. SUKABUMI. SAYA INGIN MENGAJAK KAWAN-KAWAN YANG PEDULI SAMA NW, UNTUK MENYEBARLUASKAN NW KEPADA PUBLIK LEWAT DUNIA MAYA, DENGAN MEMBUAT WEB KHUSUS. SAYA BERHARAP AJAKAN SAYA AD AYANG RESPOSNS. UNTUK LEBIH JELASNYA HUB. SAYA : JASMANSYAH, HP. 081572765478. WWW. JASMANSYAH-FAIZ.BLOGSPOT.COM, EMAIL : JASMAN-FAIZ@PLASA.COM. DITUNGGU…..
    WASS.

  5. Alhamdulillah di Mesir sudah direstui oleh Tuan guru bajang untuk mengadakan perwakilan khusus Nahdlatul Wathan. salam kenal buat kader NW semua…

  6. Assalamualaikum Wr…Wb…
    Salam Kenal buat Akhi, mari kita konsekwen untuk selalu eksis dalam komitmen kita terhadap NW, tapi ana hanya bisa saranin jadilah orang demokrat maksudnya terbuka dalam semua hal :D :D :D .
    silahkan kunjungi blog kami ini http://al-azhari.co.nr
    T H A N K S
    Wassalam.

  7. Pokoknya NW, Pokok NW Iman dan Taqwa!!!

    Salam….
    Meton Yus… Batur Rensing (Rencana Singkat versi TG. Anas)Side… Hmmm.. Ndek nyangke!

    Fenomena NW dalam kontek kekinian Kita adalah tanggungjawab bersama. Perpecahan yang terjadi, seharusnya bukan merupakan perbedaan yang mesti dibeda-bedakan bila memang Kita tiada daya dibalik upaya yang pernah dan sedang ada sebagai langkah menyatukan NW. Mari terus berdoa semoga NW dan Orang NW yang awam dan terlalu fanatik, akan diberikan keterbukaan hati oleh Allah SWT agar keadaan tidak semakin terpuruk akibat perpecahan -jika memang harus disebut begitu- ini.

    Salam dari Batam.
    “KanaKKeruak”

    • M.pauzan muhlis Berkata

      asaalamualaikum. salam kenal dari saya di damma arab saudi,nw sekrang dalam perecahan..saling mengklaim paling baik dan lain penghianat..siapa yg paling bertanggung jawab dlam masalah ini.NW mempunyai sekolah yang namanya MAAHAD DARUL QUR’AN WAL-HADIST..TETAPI MENGapa para tuan guru dari kedua kubu tsb.tidak kembali pada AL-QUR’AN DAN HADIST.malah saling hujat .silaturrohmi terputus..sudah siapkah IBU RAUHUN DAN RAIHANUN serta para TUANGURU di kedua kubu ini nati diakhirat menjawap pertanyaan ALLAH atas perpecahan ummat khususnya pengikut nw.terima kasih…

  8. Salut ojok semeton Yus yang telah meluangkan waktu diantara kesibukannya untuk menorehkan uneg-uneg. Tulisan semeton lebih dilatarbelakangi oleh kekecewaan melihat kondisi masyarakat kita akibat ketidakseimbangan Tuan Guru dalam menyampaikan materi ceramahnya antara dunia dan akhirat. Menurut saya tidaklah kesalahan sepenuhnya dialamatkan kpd para tuan guru kita, sebab melihat latar belakang pendidikan mereka yang lebih terfokus pada pengkajian buku-buku klasik tanpa mensinergikan hal itu dalam kehidupan modern ini, seperti yang dilakukan Lajnah Bahtsul Masail NU umpamanya yang telah menelorkan ratusan fatwa yang bisa menjadi jalan keluar dari problem modern dewasa ini agar sesuai dengan syariat Islam. Disamping itu, keterbelakangan masyrakat kita dari informasi global mengakibatkan pandangan sempit yang hanya berorientasi pada pemahaman ibadah mahdah. Juga yang menjadi poin penting dalam dunia pendidikan pesantren kita baik pesantren formal (baca: madrasah) atau non formal (baca: pengajian umum) tidak adanya pelajaran atau pengajian yang membahas tentang perbedaan pandangan dalam dunia mazhab/kelompok dalam Islam atau yang disebut perbandingan mazhab. Padahal, di madrash seharusnya pelajaran itu diberikan karena dengan hal itu akan membuka wawasan pemahaman argumentasi kelompok lain yang tentu kembali ke al-Qur’an dan Sunnah. Seperti Muhammdiyah umpamnya kalau melihat keputusan dari Lajnah Tarjihnya, semua berdasar Qur’an dan Hadits sambil meninjau pendapat para ulama yang lain. Kalau hal itu sudah dilakukan paling tidak generasi baru kita akan makin terbuka dan saling menghargai dan tidak ada lagi cerita sebagian masyarakat yang enggan mengikuti pengajian maulid atau isra’ mi’raj lantaran penceramahnya dari kelompok lain (seperti yang terjadi di dusun saya). Dicemoohnya meton Yus karena masuk SMP waktu itu disebabkan oleh kurangnya informasi tambahan yang dikonsumsi masyrakat sebagai penyeimbang informasi dari Tuan Guru. Tapi jangan khawatir, saat ini telah bannyak berkembang pesantren/lembaga pendidikan yang berusaha mensinergikan antara ilmu agama dan umum. Dan menurut saya seharusnya anak2 kita pada masa remajanya lebih ditekankan untuk mempelajari dasar-dasar agama mereka, karena hal itu akan menjadi pegangan kuat dimasa mendatang kemanapun mereka melangkah dan di dunia apapun mereka bergelut. Sebagai tambahan, Islam tidak pernah mengenal dikotomi ilmu: antara ilmu agama dan umum. Fenomena dualisme keilmuan ini adalah barang baru disebabkan terjajahnya bangsa-bangsa Islam. Lihat umpamnya ulama-ulama dahulu: Ibn Rusyd adalah seorang filosof yang pakar dalam kedokteran dan ahli fiqih, Ibn Khaldun adalah sesiolog terkemuka Islam yang ahli dalam hukum-hukum Islam, Ibn Nafis adalah spesialis dokter mata plus ahli fiqih, dan masih banyak lagi ulama Islam yang lain seperti Ibn Sina, Khawarizmi, dan Biruni.
    Semoga dengan tercerahkannya generasi muda kita akan membawa masyarakat yang melek dunia dan tidak lupa akhirat-amin.
    wassalam

  9. Jasmmansyah, M.Pd Berkata

    Pendapat diatass ada benarnya, juga ada kurang benarnya, bahkan ada salahnya. Kenapa Coba?

    Salama dari Jauh (Sukabumi-Jabar)
    Alumni NWDI, 478276, STKIP+ s2 di Jakarta

    Salam
    Jasmansyah
    jasmansyah76.wordpress.com
    jasmansyah.blogguru.net
    klubgurusmi.wordppress.com
    email : jasmanfaiz@yahoo.co.id
    HP. 081572765478
    Alamat: Perum Griya Mangkalaya II.C/14 Sukabumi Jabar Indonesia

  10. aslkm.wr.wb
    ana baru tau tentang nadhlatul wathan…
    trims info nya :)

  11. suhirman anwar QH Berkata

    salam ukhuwah…jayalah trus NWku..ibu n bapakku…kjayaan NW ada di tangan penerus cita2.kompak utuh bersatu…

  12. semoga NW bisa memberikan pencerahan bagi masyarakat disekitarnya.

  13. apipuddin Berkata

    saudara ku……….
    sungguh mulia cita-citamu untuk menyebarkan Nahdlatul Wathan sebagai Organisasi islam Ahlussunnah waljamaah ala mazhabil imamisyafi’i RA. namun perlu saya tambahkan sedikit tulisan ini mengenai perguruan tinggi NW dan badan otonom yang di kelola Nahdlatul Wathan.

    Perguruan Tinggi NW:
    *Ma’had Darul Qur’an Walhadits (MDQH) NW Anjani yang sekarang bertempat di anjani setelah pusat Nahdlatul Wathan berada di Anjani.
    *STMIK SZ NW (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan)
    *IAIH NW (Institut Agama Islam Hamzan Wadi Nahdlatul Wathan) Lombok Timur.
    kedua lembaga perguruan tinggi tersebut barada di Anjani Lombok Timur sebagai Pusat Nahdlatul Wathan sekarang.
    Selanjutnya Nahdlatul Wathan memiliki lembaga badan otonom yang terdiri dari, HIMMAH NW, PEMUDA NW, MUSLIMAT NW.
    HIMMAH NW adalah singkatan dari Himpunan Mahasiswa Nahdlatul Wathan. (ket. lebih lanjut kunjungi http://www.himmahnwntb.blogspot.com. selanjutnya Pemuda NW adalah generasi muda Nahdlatul Wathan sebagai regenerasi Muda NW yang pimpinan pusatnya adalah TGH. LL. Abdul Muhyi Abidin Menantu dari Pengurus Besar Nahdlatul Wathan dan Muslimat NW adalah Organisasi yang bernaung di bawah Nahdlatul Wathan dan merupakan sebagai wadah perkumpulan wanita-wanita Nahdlatul Wathan.

    untuk info lebih lanjut kita diskusikan melalui Facebook Nahdlatul Wathan, Facebook HIMMAH NW atau bisa kirim Melalui email saya.
    mari berpartisipasi dengan sedikit tulisan untuk kemajuan NAHDLATU WATHAN.

  14. Apipuddin Berkata

    Mohon maaf kepada para pembaca bahwa blog HIMMAH NW tersebut terjadi sedikit kesalahan. blognya, http://www.ntb-himmahnw.blogspot.com

  15. M. Amin Rensing Bat Berkata

    teman2 di negeri orang semoga bisa memegang janji dan baiat terutama bagi mereka yg sudah mengenyam pendidikan khususnya di NW

  16. 1. Ruhul jihad on September 19th, 2008 1:22 pm
    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Alhamdulillahirobbil’alamiin,syukurku kepada Allah SWT,atas Apa yang diHarapkan oleh Tuan Guru Bajang Yang menggalakkan Untuk Berishlah Ya Allah Berikanlah jalan yang terbaik untuk mencapai apa yang di inginkan oleh TGB.nah oleh Karena itu Kami mengharapkan kepada semua Warga NW Agar menyambut Baik dari Niat Luhur Bapak TGB.Zainul Majdi MA.dan mari kita coba kembali Renungkan Kaulul Hamzanwadi “Kompak Utuh Bersatulah,Kompak Utuh Bersatulah,Kompak Utuh Bersatulah “.dan kami seorang Abituren yang dhoi’f dan Faqir ini mengharapkan hal ini dapat kita dukung karena Coba kita Renungkan Bersama semoga bermanfaat bagi kita semua.
    ALHADULILLAH KAMI UCAPKAN
    KEPADA ALLAH YANG TELAH BERIKAN
    RAHMAT KARUNIA DAN KESEHATAN
    SEMOGA KITA TETAP DALAM KETAQWAAN
    Tulisan INI MEMBERIKAN KITA
    SUATU GAMBARAN LANGKAH WARGA
    NAHDLATUL WATHAN YANG KITA CINTA
    TETAP BERSATU DAAIMAN ABADA
    WAHAI MUSLIMIN DAN MUSLIMAT
    WASIAT HAMZANWADI TETAPLAH INGAT
    ANTARA THOLOBIN DAN THOLIBAT
    DAN JUGA MUSLIMIN DAN MUSLIMAT
    KOMPAK UTUH BERSATULAH
    SELALU DIUCAPKAN ALMAGFURULLAH
    SEBELUM BERPULANG KERAHMATULLAH
    JADI APAKAH KITA TAK MAU BERISHLAH
    BERISHLAH ITU LANGKAH YANG UTAMA
    DALAM SUATU MASALAH ATAU PERKARA
    AGAR BAROKAH AMALAN KITA
    DIREDOI ALLAH SUBHANAHUWATA’ALA
    TAPI BAGI YANG TAK MAU BERISHLAH
    BERARTI DIA LUPA KAN FIRMAN ALLAH
    WA’TASHIMU BIHABLILLAHI
    JAMI’AWWALAATAFARRAQU AL-AYAH
    BERPEGANG TEGUH PADA TALI AGAMA ALLAH
    KAMU SEMUA JANGAN BERCERAI BERAI AL-AYAH
    INI SALAH SATU PERINTAH ALLAH
    BILA DIIKUTI DAPAT BAROKAH
    BILA KITA MENGAMBIL LANGKAH
    UNTUK MEMPERSATUKAN UMMAH
    PASTI ALLAH MEMBERIKAN BAROKAH
    SESAMA KELUARGA SENAHDLAH
    UNTUK PERLU DIINGAT BERSAMA
    TULISAN INI CAMPUR RENUNGAN MASA
    LOGO ITU SEBAGAI TANDANYA
    DAN DITULIS HURUF BESAR ITULAH DIA
    WAHAI ANAKKU RAUHUN RAIHANUN
    TETAPKAN DIRIMU SELANGKAH SEAYUN
    MEMBELA NW TURUN TEMURUN
    BERTANGGA NAIK BERJENJANG TURUN
    WAHAI ANAKKU RAUHUN RAIHANUN
    Ini Wasiat Sudah Bertahun-Tahun
    Agar Dibina Dan Di Bangun
    Mempersatukan Umat Dengan Sopan Santun
    TETAPKAN DIRIMU SELANGKAH SEAYUN
    Memperjuangan NW Dengan Tekun
    Agar Warga NW Tetap Rukun
    Mempertahankan Warga Satu Rumpun
    MEMBELA NW TURUN TEMURUN
    Setiap Masa Setiap Kurun
    Agar Jiwa Raga Terus Bangun
    Membela NW Serta Ikut Membangun
    BERTANGGA NAIK BERJENJANG TURUN
    Ini Cara Yang Baik Untuk Membangun
    Agar Warga Tetap Rukun
    Memperjuangkan NW Turun Temurun
    Wasiat Ini Perlu Dikaji
    Maksud Bapak HamzaNWadi
    Agar Menjadi NW Sejati
    Tidak Saling Cela Dan Caci
    Karena Saling Cela Dan Caci
    Akan Merugikan Diri Sendiri
    Di Dunia Kita Di Benci
    Di Akherat Allah Murkai
    Mari Dukung Kedua Ummi
    Untuk Menjaga NW Sejati
    Itu Perintah Bapak HamzaNWadi
    Iman Taqwa Kita Jalani
    Bapak HamzaNWadi Telah Ingatkan
    Kompak Utuh Bersatu Haluan
    Jangan Membuat Perpecahan
    Itu Perbuatan Yang Merugikan
    Bapak HamzaNWadi Sampun Bebasa
    Perjuangkan NW Dengan Iman Taqwa
    Bila Mencari Kursi Dan Tahta
    Tapi Cari dengan Keredhoan Allah Ta’ala
    Bapak HamzaNWadi Telah Berwasiat
    Kepada Muslimin Dan Muslimat
    Jangan Selalu Pecahkan Ummat
    Itu Perbuatan Yang Dilaknat
    Kalau Anda Mau Selamat
    Silahkan Berusaha Satukan Ummat
    Pastilah Anda Akan Tercatat
    Menjadi Orang Sholeh Dan Taat
    Mulianya Kita Bersatu
    Untuk menjalakan wasiat Guru
    Redho Allah Akan Selalu
    Berada di pihak dirimu
    Ku Mohon Kehadapan Ummi
    Serta Semua Cucu-Cucu HamzaNWadi
    Satukanlah Semua Kami
    Agar Kami Tidak Saling Benci
    Yang Lalu Biarkan Berlalu
    Mari Buka Lembaran Baru
    Bersama Ummi Dan Semua Cucu
    Insya Allah HamzaNWadi Restu
    Kalaulah Ada Yang Tak Mau Bersatu
    Biarkanlah Sementara Waktu
    Sampai Dia Akan Jemu
    Untuk Mengalahkan Hawa Napsu
    Jangan Pisahkan Antara Kami
    Dengan Semua Cucu Dan Ummi
    Agar NW Tumbuhnya Murni
    Untuk Mencari Redho Ilahi
    Trimakasih Kami Ucapkan
    situs ini disiapkan
    untuk kita saling ingatkan
    semoga dapat keredhoan
    Sebagian Tulisan ini
    ada wasiat Hamzanwadi
    sebagian tersusun oleh kami
    semoga Allah Meredoi
    sekedar ini dulu kami suguhkan
    hanya selaku pendahuluan
    insya Allah kami berikan
    setelah PB NW ada izin diterbitkan
    Matur Tanpi Asih Semoga Barokah Cita-cita TGKH.Zainul Majdi Amin.

    2. Ruhul jihad on September 20th, 2008 4:05 pm
    Assalamu’alaikum Wr.wb.
    Alhamdulillahirobbil’alamiin
    Tiang matur malik jok sesangkok pelungguh niki mudah-mudahan apa sak tiang aturan niki jari renungan lek tiang pelungguh senamian sak arak lek dunia Maya niki demi menyambut ide Tuan guru Bajang KH.Zainul Majdi,MA sak kayun Besopok atau Berishlah antara NW Anjani dait NW Pancor jari makin niki tiang aturin Satu Kunci Bersatunya Warga NW Anjani dait NW Pancor.
    satu Kunci Harus ditempuh Yaitu : dianjani Kan sampun arak Tuan Guru Bajang Yaitu Yang Mulia TGKH,Raden Lalu Gede Zainuddin Tsani Beliau Harus Mengambil Sikap Tegas Untuk Berishlah tanpa mengungkit-ungkit kembali Hasil Muktamar yang di Praya serta harus melupakan yang lalu tapi berniat membuka lembaran baru dan beliau harus tidak mendengarkan sebagian warga atau tokoh NW yang tidak mau bersatu,dan juga beliau kan kita kenal sebagai Tuan Guru Di NW Anjani yang pandai dan Cerdas dalam memahami ilmu Agama yang diperoleh dari Makkatulmukarromah/sholatiyah maka pasti beliau didengar oleh semua Warga dan Tokoh-tokoh NW lainya,tapi kami yakin juga pasti ada yang tak mau bersatu tapi disinilah kita akan mengamalkan Wasiat Al-magfurullahu Maulana Asy-syaikh Tuan Guru Kiyai Hajji Zainuddin Abdul Majid Al-Masyhur yang berbunyi:
    TETAPKAN DIRIMU BERSAMA IKHWAN
    BERSAMA PEMBELA NAHDLATUL WATHAN
    JANGAN SELALU DENGAR OCEHAN
    SUARA ORANG DIPINGGIR JALAN
    TETAPKAN DIRIMU BERSAMA IKHWAN
    Untuk mengajak saudara dan kawan
    Untuk kembali dalam satu haluan
    P0k0knya nahdlatul Wathan
    BERSAMA PEMBELA NAHDLATUL WTHAN
    Pikiran dan hati diluruskan
    Jangan sekali-kali mengerjakan
    Yang membuat warga bermusuhan
    JANGAN SELALU DENGAR OCEHAN
    Yang buat kita bermusuhan
    Haruslah kita beri arahan
    Serta nasehat dan peringatan
    SUARA ORANG DIPINGGIR JALAN
    YANG MENYIMPANG DALAM KETAQWAAN
    KARENA ITU AKAN MENJADIKAN
    HATI BUTA MELAWAN TUHAN
    KALAU ANAKKU KOMPAK SELAMA
    DISATU BARISAN BERSAMA-SAMA
    PASTILAH NW JAYANYA LAMA
    KARENA SYETAN TAK DAPAT NGERAMA
    KALAU ANAKKU KOMPAK SELAMA
    Disatu organesasi bersama-sama
    Pastilah warga aman sentosa
    Tidak akan saling caci dan cela
    DISATU BARISAN BERSAMA-SAMA
    Tidak terpencar kemana-mana
    Maka kekuatan akan terbina
    NWpun akan menjadi jaya
    PASTILAH NW JAYANYA LAMA
    Bila kita akan waspada
    Terhadap orang yang mengajak kita
    Untuk bermusuhan dengan keluarga
    KARENA SYETAN TAK DAPAT NGERAMA
    Untuk menganggu serta mengoda
    Kepada orang yang mau terpedaya
    Untuk meninggalkan ajaran agama
    DASAR SELAMAT BERSATU KALIMAH
    BERSATU DERAP BERSATU LANGKAH
    DASAR BERBAHAYA BERPECAH BELAH
    KADANG BAWA SU’UL KHOTIMAH
    DASAR SELAMAT BERSATU KALIMAH
    Insya Allah diberi barokah
    Oleh Allah yang maha pemurah
    Maka marilah kita berishlah
    BERSATU DERAP BERSATU LANGKAH
    Itu perbuatan yang sangat mudah
    Bila ada tersandung masalah
    Kembalikan ke Al-qur’an dan sunnah
    DASAR BAHAYA BERPECAH BELAH
    Cepat sekali dapat musibah
    Melawan saudara dan ayah
    Padahal itu larangan Allah
    KADANG MEMBAWA SU’UL KHOTIMAH
    Akibat kita saling bantah
    Di satu organesasi dan wadah
    Saling caci saling pitnah
    Kita lihat buktinya yang nyata
    Antara anak Bapak dan saudara
    Antara menantu dan mertua
    Tidak saling tegur sapa
    Tidak tegur dan sapa
    Karena akibat pendapat yang berbeda
    Padahal itu larangan agama
    Yang hanya dosa yang diterima
    Insya Allah bila ini dilakukan
    pasti Ishlah dapat dilaksanakan
    ikhlas hati karena Tuhan
    itu ajaran yang menyelamatkan
    Tapi bila kita utamakan
    pokok asal permasalahan
    muktamar praya jadi acuan
    tak akan ada persatuan
    Tapi bila Tuan Guru Zainuddin Tsani
    dengan Tegas Mau berishlah Tahun ini
    pasti Allah akan meredoi
    persatuan Itu akan terjadi
    Tapi bila Hati masih Resah
    Untuk sama-sama berishlah
    Pasti itu takkan Mudah
    Bahkan masih terus Berpecah
    Maka kami hanya berdo’a
    semoga Allah Membukakanya
    Pintu Rahmat dan Karunia
    mengedepankan Iman dan Taqwa
    Karena Iman dan Taqwa
    itu Pokok NW Kita
    Bpk.Hamzanwadi yang Memberinya
    karena itu pokok Agama
    Ishlah itu bisa terjadi
    Iman Taqwa dipedomani
    Al-qur’an Hadis diikuti
    sebagai Pengadilan yang tinggi
    Demikian atur tiang semoga bermanfaat Amin
    Matur Tampi Asih Atas Khilap dan Salah Tiang
    Abituren Kota Batam
    Yang faqir dan Dho’if
    Ruhul Jihad

  17. 1. Ruhul jihad on September 19th, 2008 1:22 pm
    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Alhamdulillahirobbil’alamiin,syukurku kepada Allah SWT,atas Apa yang diHarapkan oleh Tuan Guru Bajang Yang menggalakkan Untuk Berishlah Ya Allah Berikanlah jalan yang terbaik untuk mencapai apa yang di inginkan oleh TGB.nah oleh Karena itu Kami mengharapkan kepada semua Warga NW Agar menyambut Baik dari Niat Luhur Bapak TGB.Zainul Majdi MA.dan mari kita coba kembali Renungkan Kaulul Hamzanwadi “Kompak Utuh Bersatulah,Kompak Utuh Bersatulah,Kompak Utuh Bersatulah “.dan kami seorang Abituren yang dhoi’f dan Faqir ini mengharapkan hal ini dapat kita dukung karena Coba kita Renungkan Bersama semoga bermanfaat bagi kita semua.
    ALHADULILLAH KAMI UCAPKAN
    KEPADA ALLAH YANG TELAH BERIKAN
    RAHMAT KARUNIA DAN KESEHATAN
    SEMOGA KITA TETAP DALAM KETAQWAAN
    Tulisan INI MEMBERIKAN KITA
    SUATU GAMBARAN LANGKAH WARGA
    NAHDLATUL WATHAN YANG KITA CINTA
    TETAP BERSATU DAAIMAN ABADA
    WAHAI MUSLIMIN DAN MUSLIMAT
    WASIAT HAMZANWADI TETAPLAH INGAT
    ANTARA THOLOBIN DAN THOLIBAT
    DAN JUGA MUSLIMIN DAN MUSLIMAT
    KOMPAK UTUH BERSATULAH
    SELALU DIUCAPKAN ALMAGFURULLAH
    SEBELUM BERPULANG KERAHMATULLAH
    JADI APAKAH KITA TAK MAU BERISHLAH
    BERISHLAH ITU LANGKAH YANG UTAMA
    DALAM SUATU MASALAH ATAU PERKARA
    AGAR BAROKAH AMALAN KITA
    DIREDOI ALLAH SUBHANAHUWATA’ALA
    TAPI BAGI YANG TAK MAU BERISHLAH
    BERARTI DIA LUPA KAN FIRMAN ALLAH
    WA’TASHIMU BIHABLILLAHI
    JAMI’AWWALAATAFARRAQU AL-AYAH
    BERPEGANG TEGUH PADA TALI AGAMA ALLAH
    KAMU SEMUA JANGAN BERCERAI BERAI AL-AYAH
    INI SALAH SATU PERINTAH ALLAH
    BILA DIIKUTI DAPAT BAROKAH
    BILA KITA MENGAMBIL LANGKAH
    UNTUK MEMPERSATUKAN UMMAH
    PASTI ALLAH MEMBERIKAN BAROKAH
    SESAMA KELUARGA SENAHDLAH
    UNTUK PERLU DIINGAT BERSAMA
    TULISAN INI CAMPUR RENUNGAN MASA
    LOGO ITU SEBAGAI TANDANYA
    DAN DITULIS HURUF BESAR ITULAH DIA
    WAHAI ANAKKU RAUHUN RAIHANUN
    TETAPKAN DIRIMU SELANGKAH SEAYUN
    MEMBELA NW TURUN TEMURUN
    BERTANGGA NAIK BERJENJANG TURUN
    WAHAI ANAKKU RAUHUN RAIHANUN
    Ini Wasiat Sudah Bertahun-Tahun
    Agar Dibina Dan Di Bangun
    Mempersatukan Umat Dengan Sopan Santun
    TETAPKAN DIRIMU SELANGKAH SEAYUN
    Memperjuangan NW Dengan Tekun
    Agar Warga NW Tetap Rukun
    Mempertahankan Warga Satu Rumpun
    MEMBELA NW TURUN TEMURUN
    Setiap Masa Setiap Kurun
    Agar Jiwa Raga Terus Bangun
    Membela NW Serta Ikut Membangun
    BERTANGGA NAIK BERJENJANG TURUN
    Ini Cara Yang Baik Untuk Membangun
    Agar Warga Tetap Rukun
    Memperjuangkan NW Turun Temurun
    Wasiat Ini Perlu Dikaji
    Maksud Bapak HamzaNWadi
    Agar Menjadi NW Sejati
    Tidak Saling Cela Dan Caci
    Karena Saling Cela Dan Caci
    Akan Merugikan Diri Sendiri
    Di Dunia Kita Di Benci
    Di Akherat Allah Murkai
    Mari Dukung Kedua Ummi
    Untuk Menjaga NW Sejati
    Itu Perintah Bapak HamzaNWadi
    Iman Taqwa Kita Jalani
    Bapak HamzaNWadi Telah Ingatkan
    Kompak Utuh Bersatu Haluan
    Jangan Membuat Perpecahan
    Itu Perbuatan Yang Merugikan
    Bapak HamzaNWadi Sampun Bebasa
    Perjuangkan NW Dengan Iman Taqwa
    Bila Mencari Kursi Dan Tahta
    Tapi Cari dengan Keredhoan Allah Ta’ala
    Bapak HamzaNWadi Telah Berwasiat
    Kepada Muslimin Dan Muslimat
    Jangan Selalu Pecahkan Ummat
    Itu Perbuatan Yang Dilaknat
    Kalau Anda Mau Selamat
    Silahkan Berusaha Satukan Ummat
    Pastilah Anda Akan Tercatat
    Menjadi Orang Sholeh Dan Taat
    Mulianya Kita Bersatu
    Untuk menjalakan wasiat Guru
    Redho Allah Akan Selalu
    Berada di pihak dirimu
    Ku Mohon Kehadapan Ummi
    Serta Semua Cucu-Cucu HamzaNWadi
    Satukanlah Semua Kami
    Agar Kami Tidak Saling Benci
    Yang Lalu Biarkan Berlalu
    Mari Buka Lembaran Baru
    Bersama Ummi Dan Semua Cucu
    Insya Allah HamzaNWadi Restu
    Kalaulah Ada Yang Tak Mau Bersatu
    Biarkanlah Sementara Waktu
    Sampai Dia Akan Jemu
    Untuk Mengalahkan Hawa Napsu
    Jangan Pisahkan Antara Kami
    Dengan Semua Cucu Dan Ummi
    Agar NW Tumbuhnya Murni
    Untuk Mencari Redho Ilahi
    Trimakasih Kami Ucapkan
    situs ini disiapkan
    untuk kita saling ingatkan
    semoga dapat keredhoan
    Sebagian Tulisan ini
    ada wasiat Hamzanwadi
    sebagian tersusun oleh kami
    semoga Allah Meredoi
    sekedar ini dulu kami suguhkan
    hanya selaku pendahuluan
    insya Allah kami berikan
    setelah PB NW ada izin diterbitkan
    Matur Tanpi Asih Semoga Barokah Cita-cita TGKH.Zainul Majdi Amin.

    2. Ruhul jihad on September 20th, 2008 4:05 pm
    Assalamu’alaikum Wr.wb.
    Alhamdulillahirobbil’alamiin
    Tiang matur malik jok sesangkok pelungguh niki mudah-mudahan apa sak tiang aturan niki jari renungan lek tiang pelungguh senamian sak arak lek dunia Maya niki demi menyambut ide Tuan guru Bajang KH.Zainul Majdi,MA sak kayun Besopok atau Berishlah antara NW Anjani dait NW Pancor jari makin niki tiang aturin Satu Kunci Bersatunya Warga NW Anjani dait NW Pancor.
    satu Kunci Harus ditempuh Yaitu : dianjani Kan sampun arak Tuan Guru Bajang Yaitu Yang Mulia TGKH,Raden Lalu Gede Zainuddin Tsani Beliau Harus Mengambil Sikap Tegas Untuk Berishlah tanpa mengungkit-ungkit kembali Hasil Muktamar yang di Praya serta harus melupakan yang lalu tapi berniat membuka lembaran baru dan beliau harus tidak mendengarkan sebagian warga atau tokoh NW yang tidak mau bersatu,dan juga beliau kan kita kenal sebagai Tuan Guru Di NW Anjani yang pandai dan Cerdas dalam memahami ilmu Agama yang diperoleh dari Makkatulmukarromah/sholatiyah maka pasti beliau didengar oleh semua Warga dan Tokoh-tokoh NW lainya,tapi kami yakin juga pasti ada yang tak mau bersatu tapi disinilah kita akan mengamalkan Wasiat Al-magfurullahu Maulana Asy-syaikh Tuan Guru Kiyai Hajji Zainuddin Abdul Majid Al-Masyhur yang berbunyi:

    TETAPKAN DIRIMU BERSAMA IKHWAN
    BERSAMA PEMBELA NAHDLATUL WATHAN
    JANGAN SELALU DENGAR OCEHAN
    SUARA ORANG DIPINGGIR JALAN

    TETAPKAN DIRIMU BERSAMA IKHWAN
    Untuk mengajak saudara dan kawan
    Untuk kembali dalam satu haluan
    P0k0knya nahdlatul Wathan

    BERSAMA PEMBELA NAHDLATUL WTHAN
    Pikiran dan hati diluruskan
    Jangan sekali-kali mengerjakan
    Yang membuat warga bermusuhan

    JANGAN SELALU DENGAR OCEHAN
    Yang buat kita bermusuhan
    Haruslah kita beri arahan
    Serta nasehat dan peringatan

    SUARA ORANG DIPINGGIR JALAN
    YANG MENYIMPANG DALAM KETAQWAAN
    KARENA ITU AKAN MENJADIKAN
    HATI BUTA MELAWAN TUHAN

    KALAU ANAKKU KOMPAK SELAMA
    DISATU BARISAN BERSAMA-SAMA
    PASTILAH NW JAYANYA LAMA
    KARENA SYETAN TAK DAPAT NGERAMA

    KALAU ANAKKU KOMPAK SELAMA
    Disatu organesasi bersama-sama
    Pastilah warga aman sentosa
    Tidak akan saling caci dan cela

    DISATU BARISAN BERSAMA-SAMA
    Tidak terpencar kemana-mana
    Maka kekuatan akan terbina
    NWpun akan menjadi jaya

    PASTILAH NW JAYANYA LAMA
    Bila kita akan waspada
    Terhadap orang yang mengajak kita
    Untuk bermusuhan dengan keluarga

    KARENA SYETAN TAK DAPAT NGERAMA
    Untuk menganggu serta mengoda
    Kepada orang yang mau terpedaya
    Untuk meninggalkan ajaran agama

    DASAR SELAMAT BERSATU KALIMAH
    BERSATU DERAP BERSATU LANGKAH
    DASAR BERBAHAYA BERPECAH BELAH
    KADANG BAWA SU’UL KHOTIMAH

    DASAR SELAMAT BERSATU KALIMAH
    Insya Allah diberi barokah
    Oleh Allah yang maha pemurah
    Maka marilah kita berishlah

    BERSATU DERAP BERSATU LANGKAH
    Itu perbuatan yang sangat mudah
    Bila ada tersandung masalah
    Kembalikan ke Al-qur’an dan sunnah

    DASAR BAHAYA BERPECAH BELAH
    Cepat sekali dapat musibah
    Melawan saudara dan ayah
    Padahal itu larangan Allah

    KADANG MEMBAWA SU’UL KHOTIMAH
    Akibat kita saling bantah
    Di satu organesasi dan wadah
    Saling caci saling pitnah

    Kita lihat buktinya yang nyata
    Antara anak Bapak dan saudara
    Antara menantu dan mertua
    Tidak saling tegur sapa

    Tidak tegur dan sapa
    Karena akibat pendapat yang berbeda
    Padahal itu larangan agama
    Yang hanya dosa yang diterima

    Insya Allah bila ini dilakukan
    pasti Ishlah dapat dilaksanakan
    ikhlas hati karena Tuhan
    itu ajaran yang menyelamatkan

    Tapi bila kita utamakan
    pokok asal permasalahan
    muktamar praya jadi acuan
    tak akan ada persatuan

    Tapi bila Tuan Guru Zainuddin Tsani
    dengan Tegas Mau berishlah Tahun ini
    pasti Allah akan meredoi
    persatuan Itu akan terjadi

    Tapi bila Hati masih Resah
    Untuk sama-sama berishlah
    Pasti itu takkan Mudah
    Bahkan masih terus Berpecah

    Maka kami hanya berdo’a
    semoga Allah Membukakanya
    Pintu Rahmat dan Karunia
    mengedepankan Iman dan Taqwa

    Karena Iman dan Taqwa
    itu Pokok NW Kita
    Bpk.Hamzanwadi yang Memberinya
    karena itu pokok Agama

    Ishlah itu bisa terjadi
    Iman Taqwa dipedomani
    Al-qur’an Hadis diikuti
    sebagai Pengadilan yang tinggi

    Demikian atur tiang semoga bermanfaat Amin
    Matur Tampi Asih Atas Khilap dan Salah Tiang
    Abituren Kota Batam
    Yang faqir dan Dho’if
    Ruhul Jihad

  18. syukron ya robb! … masih ada kader enwe kayak antum yang barang kali gak punya ruang gerak di dunia nyata karena tergeser ambisi para kader yg hanya ributin pencalegan dan pilkada hingga ada sindiran rada nyelekit bilang kalau zamannya almagpurulah enwe pilkhair tapi kini enwe pilkada .mari kawan……kita bersinergi membangun enwe yg menghargai kemajemukan dan bervisi jauh ke depan ‘

  19. ihsan hamid Berkata

    saya alumni MA+Keterampilan NW Pancor yang sekarang lagi menempuh studi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang jurusan sastra arab kosentrasi timur tengah..tentunya juga berharap bagaimana kita sebagai kader muda potensial NW dapat memberikan kontribusi rill untuk NW oleh sebb itu sudah saatnya bagi kita semua untuk selalu berjuang untuk kemajuannya dengan cara yang dapat kita lakukan sendiri..pokoknya NW pokok NW iman dan takwa.

  20. Alhamdulillah, NW kini bersatu lagi….
    Allaahu Akbar!

  21. ASSALAMUALAIKUM SAUDARAKU SESASAK ALHAMDULILLAH KITA DI LOMBOK BANYAK SE X TGH TAPI KUALITAS YANG MASIH KURANG BANYAK YG CERAMAH TAPI TIDAK BER KULITAS BID AH DISEBARKAN TERUS SUNAH DISEPELEKAN INGAT AMAL KITA BUKAN BANYAKNYA YG DI HITUNG TAPI KWALITASNYA APAKAH DARI ALQUR,AN AT ASSUNAH.MAASSALAM

  22. saya salah satu alumni muallimin NW, dan sekarang saya kulyah di pasca UPI Bandung dan sedang menyusun proposal penelitian tesis terkait dengan politik NW pasca orde baru, dan ini salah satu bentuk kepedulian saya untk menyebarkan NW dengan tulisan2 yang bermanfaat bagi orang lain. bagi teman2 yang peduli NW saya minta tolong untuk dibantu kalau ada referensi mengarah ke rencana penelitian saya, tolong di informasikan..!!
    melalui 08175702437 atau sawaludin93@gmail.com.

  23. Assalamualaikum, wr, wb……
    Afwan Akhi…apakah bai’at itu berpengaruh pada masalah perkawinan?
    Karena dengan adanya bai’at, temen saya tidak bisa melangsungkan pernikahan, salah satu sebabnya adalah karena berbeda organisasi….padahal kalau saya baca dan maknai bai’at tersebut, tidak ada sangkut pautnya dengan perkawinan….yang penting kita menjalankan sare’at agama….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: