Di PT. Sesco

PT. Solusi Energi Sistem Consult (Sesco)

Perusahaan ini merupakan anak perusahaan dari PT. Intraco Penta, Tbk (lihat http://www.intracopenta.com/). Perusahaan ini bergerak di bidang engineering consulting tepatnya untuk Power Plant.

Saat ini, perusahaan kami sedang menggarap Tanjung Kasam Coal Fired Steam Power Plant Project bekerja sama dengan PPLS Management Service Sdn Bhd Malaysia, dan PT. Rekadaya Elektrika.

Project tersebut merupakan project milik PT. Tanjung Kasam Power (TJK Power) yang merupakan Independent Power Plant (IPP) yang sahamnya dimiliki oleh PT. Petra Unggul Sejahtera, dan PLN Batam.

Pengerjaan project ini sendiri mendapat pinjaman dana dari Bank BNI, BRI dan Bukopin.

Pekerjaan sehari-hari

Sehari-hari saya bekerja di PT. Sesco sebagai seorang Mechanical Project Engineer, dengan Job description seperti di bawah ini.

Duties and Responsibilities (as email receipt from my Project Manager)

  • Assists the Project Manager / Site Manager in any case of project,
  • Assist the Project Manager / Site Manager to organize the various stages in the implementation entrusted to Rekadaya as Owner Engineer and DEC as EPC Contractor,
  • Assists the project manager to ensure that all technical & commercial requirements of the contract are closely followed,
  • Assists the Project manager to prepare the formal monthly report requested by lender and others,
  • Report the Construction progress to the Project Manager on weekly & monthly basis,
  • Organizes & Minutes the weekly meeting with DEC & Rekadaya,
  • Organizes & monitor of each discipline engineer who responsible to supervise of each work request by EPC contractor.
  • Monitor the progress of works (engineering & construction) closely which are in-line to overall project schedule.
  • Assist the commissioning team to provide all data and permit required by 3rd parties,
  • Assist the Project Manager to prepare training and engineering review at site or abroad.

Saat ini, lokasi kerja saya di Jakarta, karena pekerjaan Mekanikal belum dimulai, namun ketika project sudah berjalan dan sudah akan memasuki tahap errection Mechanical Equipment-nya, saya harus stay di Batam.

Di Jakarta, sehari-hari saya diberi tugas mempelajari dan memahami contract document sedalam-dalamnya. Karena perekrutan saya juga berorientasi untuk tahapan Operation and Maintenance Power Plant ketika Power Plant-nya sudah eksis.

Dari mempelajari Contract document, khususnya untuk bidang Mechanical, sering saya menemukan hal-hal yang contradictive antara satu bagian dengan bagian lainnya. Hal inilah yang harus diklarifikasi ke Contractor.

Mempelajari Contract document, berarti termasuk juga harus melihat dan mengkoreksi besaran-besaran yang tercantum di Contract document yang disesuaikan dengan kapasitas, fungsi dan termasuk standard-standard yang diterapkan pada masing-masing equipment.

Selain mempelajari Contract document, keberadaan saya selaku staff-nya Project Manager, juga bertugas untuk membantu pekerjaan Project Manager sendiri, seperti mempelajari proposal, report, maupun clarification dari Contractor maupun Sub-Contractornya tentang progress project di lapangan.

Karena perusahaan saya adalah konsultan yang membantu owner (owner’s engineer) dan bertanggung jawab terhadap owner, kami juga membantu Project Manager dalam menyusun report tentang perkembangan project (Progress Report) serta rangkuman kegiatan-kegiatan kami (Activity Report).

Begitulah sedikit gambaran tenatng pekerjaan sehari-hariku di PT. Sesco.

16 Tanggapan to “Di PT. Sesco”

  1. Dear, P’Yusranil
    Perkenalkan nama sy Henry Alberto bkerja di PT. Bersama Bangun Persada.
    Produk kami Fischer (Fixing System), Sto (Chemical Construction), Intumex (Firestopping, dll banyak dipakai di proyek2 high rise building dan power plant.
    Sepertinya kita bisa tindak lanjut lebih jauh, mungkin kami bisa support Bapak di proyek2 yang Bapak kerjakan.
    Sementara kita bisa komunikasi lewat Email sy: engineer@bbp.co.id

    Trimakasih atas perhatian Bapak.
    Henry Alberto

  2. Hallo Pak Yusranil,

    Salam kenal dari saya Suci Wulandari (PT HILTI Nusantara).

    Melihat biografi Bapak, kami pikir kita dapat bekerja sama karena banyak juga Power Plant yang sedang kami support baik dalam maupun luar negeri, karena produk kami telah terspesifikasi secara international. Untuk project reference dengan berbagai keunikannya, Bapak dapat menghubungi kami HILTI Nusantara atau HILTI world wide yang tersebar di negara2 lain.

    Lebih lagi, di Indonesia (Jakarta) kami memiliki Training Centre yang secara cuma-cuma memang digunakan untuk memberi service pelatihan bersertifikat bagi customer2 kami mengenai HILTI system:
    HILTI Positioning & Leveling Laser
    HILTI Drilling & Coring Machine
    HILTI Fastening/Anchoring System
    HILTI Direct Fastening & Installation System
    HILTI Passive Fire Protection/Firestop System

    Tujuan kami, HILTI sebagai principle tidak hanya menjual produk, tetapi juga memberi service pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM dan membagi perkembangan teknologi ter-up to date secara world wide.

    Terimakasih Pak atas waktu dan perhatiannya.

    Best Wishes,

    Suci Wulandari
    suci.wulandari@hilti.com

    http://www.hilti.com

  3. Hallo Pak Yusranil,

    saya Benny Novianugroho dari PT Indika Energy Tbk.

    menarik sekali membaca testimonial mengenai pekerjaan anda.
    Mengenai PLTU Tanjung Kasam, bagaimana kabar terakhir dari project tersebut?

    Kebetulan pekerjaan saya sangat mirip dengan bapak, namun saya di divisi Civil Engineering.

    Saya baca di salah satu artikel bahwa PLTU Tanjung Kasam akan COD unit pertama pada akhir Juni 2009, juga bahwa PT TJK membeli batubara dari PT Kideco Jaya Agung yang juga adalah anak perusahaan PT Indika Energy Tbk.

    Lebih jauh saya ingin belajar mengenai tahapan konstruksi PLTU dimulai dari diterbitkannya AMDAL, erection sampai dengan COD.

    Saya sangat senang dapat menemukan blog bapak di sini.

    Salam,

    Benny Novianugroho

    benny.novianugroho@indikaenergy.co.id

    http://www.indikaenergy.com

  4. yanyan rokhyanto Says:

    Siang pa yusranil,

    katanya sekarang dongfeng, putus ontrak dengan PT tanjung kasam power ya?. memang situasi ekonomi saat ini sangat memprihatinkan, disaat masyarakat kita membutuhkna energi listrik, disaat itu pula investor di bidang kelistrikan mengalami krisis.

    saya pernah mengikuti proses kontruksi pekerjaan PLTU di Kalimantan sebagai civil engineer.

    kendala yang sering muncuk terjadi didominasi oleh kendala non teknis.

    Semoga kerjaan bapak selalu lancar-lancar saja

  5. Met Siang pak Yusranil,

    Selamat berkenalan ya, kebetulan saya dari bagian pengolahan air, termasuk air laut. Kira2 sudah ada belum ya kontraktornya, kalau mau kirim surat perkenalan kemana ya pak. Kalau saya tujukan ke pak Yusranil saja gimana?

    Thanks a lot.

  6. zainul hadi Says:

    yth, saudara yang menuju sukses dalam karier

    ass……
    aq. hadi dirensing tolong kalau ada informasi di dunia internet yang mungkin sulit didapatkan karena bayak hal dan beberapa alasan,
    aq. salut dan bangga sebagai teman dan sekaligus satu kampung dan dapat menemukan situsmu, meniti karier yang lebih baik, “perubahan adalah suatu keajaiban”. dan smoga kita dpt nyambung kembali, o ya kalau saja mau bls ini alamatku, “hady.sasak@gmail.com, hadirensing@yahoo.co.id dan zainulhadi_opr@yahoo.co.id
    wassalam

  7. Domensen Sinaga Says:

    Saya bekerja di perusahaan jasa pengiriman barang saya percaya bahwa perusahaan Bapak/Ibu akan membutuhkan jasa perusahaan kami.
    Saya sangat senang berkenalan dengan Bapak/Ibu semuanya.Terimakasih

  8. Erick Parahasta R K Says:

    Hallo Pak Yusranil,

    Salam kenal dari saya Erick Parahasta R K.

    Setelah melihat testimonial tentang pekerjaan Bapak yang sangat menarik, saya memberanikan diri untuk ikut memperkenalkan perusahaan saya PT. Swara Abadi Jaya, sebagai Sub Dealer Lighting “PHILIPS INDONESIA” serta Supply & Service,
    – Telecommunication System Intergrator,
    – Electrical, Instrumentation & fire Protection Multi Vendor System
    Integrator,
    – EPC For Electrical & Instrumentation. dan bersama ini pula Saya berharap kita dapat bekerja sama karena banyak juga Power Plant yang sedang kami support.

    Untuk informasi lebih detail Bapak dapat menghubungi kami, saya jugu berharap dapat mempersentasikan company profile serta produk-produk kepada bapak

    sebagai principle tidak hanya menjual produk, tetapi juga memberi service dengan di dukung oleh SDM yang berkuatlis dan membagi perkembangan teknologi ter-up to date secara world wide.

    Terimakasih Pak atas waktu dan perhatiannya.

    Br,

    Erick Parahasta R K

    mobile: 021 2624 7574
    erikparahasta@rocketmail.com
    marketing_saj@yahoo.com
    merketing_saj@cbn.net.id

  9. Erick Parahasta R K Says:

    Hallo Pak Yusranil,

    Salam kenal dari saya Erick Parahasta R K.

    Setelah melihat testimonial tentang pekerjaan Bapak yang sangat menarik, saya memberanikan diri untuk ikut memperkenalkan perusahaan saya PT. Swara Abadi Jaya, sebagai Sub Dealer Lighting “PHILIPS INDONESIA” serta Supply & Service,
    – Telecommunication System Intergrator,
    – Electrical, Instrumentation & fire Protection Multi Vendor System
    Integrator,
    – EPC For Electrical & Instrumentation. dan bersama ini pula Saya berharap kita dapat bekerja sama karena banyak juga Power Plant yang sedang kami support.

    sebagai principle tidak hanya menjual produk, tetapi juga memberi service dengan di dukung oleh SDM yang berkualitas dan membagi perkembangan teknologi ter-up to date secara world wide.

    Untuk informasi lebih detail Bapak dapat menghubungi kami, saya jugu berharap dapat mempersentasikan company profile serta produk-produk kepada bapak

    Terimakasih Pak atas waktu dan perhatiannya.

    Br,

    Erick Parahasta R K

    mobile: 021 2624 7574
    erikparahasta@rocketmail.com
    merketing_saj@cbn.net.id

  10. Hallo pak yusranil,

    salam kenal dari saya dedy halim,

    saya bekerja di perusahaan china especially for steam power plant, mendengar dari blog bapak yang saya baca mengenai PLTU tanjung kasam saya ingin memperkenal kan tentang perusahaan saya

    Beijing Guodian Chengda Technology Co,.Ltd

    Head Office in china :

    5 – 455 Huihuang Guoji, shangdi shijie, haidian district, Beijing – china

    Brnach office in Indonesia :

    Graha Kencana
    jl. Raya perjuangan No.88
    Blok GK 2nd Floor
    Kebun Jeruk – Jakarta

    mungkin kita bisa saling membantu nantinya…thanx

    Best regard,

    Dedy halim ( 085959448200 )

  11. asslam.. wah blog yang menarik pak. saya sangat berminat dengan pekerjaan sejenis ini….
    mantap…
    tetap semngat ya pak… :)

  12. Hery purnomo Says:

    saya sangat tertarik untuk terjun ke bisnis Power plant khususnya sebagai owner PLTU (IPP/PPA) dan kami siap bekerja sama dg perusahaan2 pemegang IPP/ppa barangkali dari bpk/ibu bisa membantu kami akan sangat berterima kasih

  13. Hallo dan salam kenal pak,mudah2-an update terus blog-nya bpk.Pak langsung saja, ada lowongan engineering nda? saya pernah di pltu sbg Lead legal Adm di PT.RE mungkin saya bisa join.saya tunggu kabarnya…..
    pltu
    lihat tender pek.engineering disaya

  14. Ganda Pardede Says:

    Saya sangat berminat bekerja di PT. Sesco
    Kemana saya apply CV saya ?
    Saya tunggu balasannya.
    Thanks.

  15. Alexander Says:

    Hallo Salam Kenal, Nama Saya Alexander dari Pemerhati Ketenagakerjaan. Menarik sekali atas isi dari blog bapak, tapi belakangan ini terutama pada 29 Maret 2011 di kawasan proyek PLTU Tanjung Kasam Batam, Terdapat sedikitnya 18 TKA WN China yang merupakan karyawan China Guang Dian Electric Lt. Co yang dipekerjakan ke PT Tanjung Kasam Power (TJKP) namun tidak dilengkapi dengan izin bekerja dan kitas. untuk sementara 18 WN China tersebut sedang di proses oleh imigrasi Batam dan akan dideportasi. Di Batam banyak sekali penggunaan TKA tanpa izin bahkan untuk sekedar tukang bangunan.

  16. Lalu Ristuni Says:

    Ak cma butuh dgr suara kmu,kpn kmu k batam,hbgi ak..Lalu Ristuni 0813 7263 6464.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: